Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika

Haiiii, apa kabar para pembaca? Semoga selalu diberi kesehatan yaaa heheheh ....
Terimakasih masih setia membaca blog ini . Kali ini penulis akan sedikit memberikan penjelasan tentang “Kemampuan Berpikir Kreatif”. Penasaran kan seperti apa penjelasannya? Mari kita lihat berikut ini ...........

Pertanyaan yang mungkin muncul di pikiran kalian “Kenapa sih harus berpikir kreatif?”. Yapssss , jawabannya adalah karena salah satu tujuan pendidikan adalah membuat anak berpikir kreatif baik untuk memecahkan masalah maupun untuk bisa berkomunikasi atau menyampaikan pemikiran mereka. Menurut Munandar (1999) Kreativitas adalah kemampuan umum untuk menciptakan sesuatu yang baru, karena kemampuan untuk memberikan ide baru yang bisa diterapkan pada pemecahan masalah, atau sebagai kemampuan untuk mengetahui huungan antara unsur yang sudah ada.

Indikator berpikir Kreatif :
1.     Kelancaran berpikir
Kemampuan untuk menghasilkan banyak ide secara cepat. Mengutamakan kuantitas, bukan kualitas.
2.     Keluwesan Berpikir
Kemampuan untuk memproduksi sejumlah ide, jawaban-jawaban atau pertanyaan-pertanyaan yang bervariasi serta  mampu  menggunakan  bermacam-macam  pendekatan atau cara pemikiran
3.     Elaborasi
Yaitu kemampuan  dalam  mengembangkan gagasan sehingga menjadi lebih menarik.
4.     Originalitas
Yaitu kemampuan untuk mencetuskan gagasan asli.

Sekian penjelasan singkat dari saya. Semoga bermanfaat.


Sumber : Ibu Nok Yeni Heryaningsih
Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)

Komentar